ASUS TUF Gaming A15 FX506IV: Laptop Gaming Ryzen™ 4000 ft Nvidia RTX! Racikan Murah nan Powerful!

ASUS TUF Gaming A15 FX506IV: Laptop Gaming Ryzen™ 4000 ft Nvidia RTX! Racikan Murah nan Powerful! dimana ASUS Indonesia mulai memasarkan seri laptop gaming murah merah meriah yakni dengan seri TUF Gaming FX506. Asus membuat seri tersebut agar dapat menjangkau gamers lebih luas lagi dengan harga yang terjangkau untuk para gamer namun performa yang diberikan se-rata kanan mungkin.

Asus TUF Gaming A15 FX506IV

SPESIFIKASI MERUPAKAN BAGIAN UTAMA PARA GAMER

Syarat utama dalam untuk laptop gaming ialah yang pasti spesifikasi yang diberikan haruslah mampu mengangkat beban-beban game menjadi lebih ringan dan menggunakan prosesor khusus buat ngegame. Asus pun tidak main-main dengan pemilihan prosesor yang akan ditanamkan pada seri TUF tersebut, dengan adanya prosesor terbaru dari AMD Ryzen 4000 Mobile Processors yang ditanamkan pada Asus TUF Gaming A15 FX506 ini semua menggunakan Ryzen H-Series yang dimana memang diprioritaskan untuk para gamer dan untuk Asus TUF Gaming A15 FX506IV ini menggunakan processor AMD Ryzen™ 7 4800H RENOIR, Zen 2, 7NM, 8 Core 16 Thread (8M Cache, base clock 2,9GHz up to 4.2GHz). Dengan adadanya 8 Core 16 Thread, sangat memungkinkan untuk multasking yang banyak nan berat, misalkan mau bermain game sambil live streaming? sangat sanggup! Prosesor ini memiliki teknologi “Zen 2” dengan ukuran 7nm dapat memberikan perubahan yang besar dalam dunia laptop, karena ukurannya yang semakin kecil dari biasanya dengan konsumsi daya yang rendah pastinya, namun ajaibnya prosesor ini dapat memberikan performa yang lebih tinggi dibanding dengan pendahulunya.

ultrathin, Gaming, Profesional
Semua Line Up Asus TUF Gaming FX506IV menggunakan Ryzen 4000 H-Series

Kemudian, untuk graphic card-nya sendiri juga tak usah diragukan lagi, karena menggunakan NVIDIA® GeForce® RTX 2060 , with 6GB GDDR6 VRAM FULL, bukan yang MAX-Q. Grafis card ini membuat pengalaman bermain yang terlihat seperti nyata karena adanya fitur Real-Time Ray Tracing, dimana fitur tersebut mampu memberikan arah cahaya yang sesuai agar terlihat seperti nyata. Bagi kalian yang mempunyai pekerjaan sebagai streamer ataupun ingin merintis menjadi streamer gaming, maka ada fitur unik dari grafis card ini, yakni adanya NVIDIA RTX Voice, dimana itu merupakan plugin yang ada di RTX yang berfungsi untuk meredam suara noise yang ada di lingkungan kalian. Jadi suara yang masuk hanyalah suara dari pita suara kalian dan suara-suara seperti ayam berkokok, motor, anak kecil ataupun suara keyboard sekalipun tidak akan masuk. Cocok banget bagi kalian yang tinggal diwilayah ramai.

Fitur Real-Time Ray Tracing
*cek detail disini

Lalu tak lupa dengan RAM sebesar 8 GB DDR4-3200Mhz dan masih single channel, namun kalian bisa upgrade ram tersebut karena ada satu slot sodimm yang masih tersisa dan dapat diupgrade hingga 32GB. Alangkah baiknya jika kalian membeli laptop tersebut, kalian langusng memasang RAM lagi dengan frekuensi yang sama yaitu 3200Mhz menjadi dual-channel agar performa laptop semakin rata kanan. 

Letak slot RAM sodimm yang dapat ditambahkan
Tak lupa dengan storage, dimana komponen yang satu ini banyak diabaikan, namun akan terasa manfaatnya jika orang tersebut penganut "waktu adalah uang" yaitu SSD M.2 PCIe NVMe 512GB. Ia memiliki kecepatan yang bisa dibilang hampir 14x lipat dengan HDD, dengan kecepatan yang luar biasa tersebut, maka laod time yang dihasilkan akan lebih cepat yang artinya adalah memangkas waktu menunggu menjadi lebih sedikit serta akan lebih banyak waktu untuk bermain game. Seperti contohnya load time pada booting untuk menyalakan laptop, hanya nunggu beberapa detik, kemudian untuk masuk kedalam game akan terasa lebih cepat. Kabar baiknya lagi, ada slot tambahan SSD M.2 PCIe dan slot SATA (bisa ssd ataupun hdd 2.5inch) jika kalian merasa kurang storage untuk menyimpan banyak game yang kalian mainkan.

Kecepatan pada SSD yang ditanamkan pada ASUS TUF GAMING A15 FX506IV

Letak Slot SSD M.2 PCIe dan Slot SATA tambahan pada
ASUS TUF GAMING A15 FX506IV

Tak hanya itu, demi memuaskan mata para gamer, tak luput juga dari layar monitor yang harus dikhususkan untuk gamer. Yakni ukuran layar 15.6" IPS-Level Full HD (1920 x 1080px) 45% NTSC 3 ms dengan refresh rata 144Hz yang mendukung adaptive sync untuk mereduksi lag, memperhalus gerakan objek, meminimalisir stuttering dan meniadakan visual tearing yang mengganggu saat sedang bermain. Sangat cocok digunakan dalam competitive untuk game FPS seperti Call of Duty. Ada fitur tambahan pula yakni permukaan yang dilapisi Anti Glare yang meminimalisir pantulan cahaya jika bermain diluar ruangan. Lalu dengan adanya nano edge display yang membuat bingkainya terlihat tipis dan kamera webcam dengan resolusi 720p tetap diatas sehingga tetap terasa nyaman saat dipakai.

Layar Asus TUF Gaming A15 FX506IV dengan nano edge


Perbedaan layar pada 60Hz dengan 144Hz
Terlihat perbedaan yang sangat signifikan jika game di mainkan pada layar 60Hz dan 144Hz. Pada 60Hz terlihat seperti blur dan juga terlihat patah-patah, namun yang dihasilkan pada layar 144Hz terlihat sangat fokus pada objek dan juga terlihat lebih smooth pada setiap gambar yang dihasilkan perdetik.

Desain Sangar, Ketahanan Kuat Layaknya Seorang Militer

ASUS TUF Gaming A15 FX506IV ini memiliki dimensi dengan panjang 35.9 cm lebar 25.6 cm dan tebal 2.28 cm disisi paling tipisnya dan sisi paling tebalnya yakni 2.47 cm. Untuk bobot laptopnya sebesar 2.3 kg dan bobot charger-nya yakni 584 gram dan Asus meng-claim bahwa ASUS TUF Gaming A15 FX506 sekitar 7% lebih kecil ketimbang pendahulunya yakni FX505. laptop ini tersedia dalam dua pilihan desain warna gaming yang bisa dipilih sesuai dengan diri kalian. Diantaranya yakni Fortress Gray (berbahan logam) yang stealthy nan ramping ataupun Bonfire Black (polycarbonate) dengan aksen crimson stripe merah tua.

Fortrss Gray dan Bonfire Black
Keyboard yang digunakan masih persis dengan pendahulunya yakni FX505 dengan tombol WASD yang transparan dan dapat menunjukkan identitas laptop khusus gaming. Asus meng-claim keyboardnya dapat bertahan hingga 20 juta kali klik.  Ada pula ROG Overstroke Technology yang dapat menekan tombol lebih cepat teregister serta dengan travel distance 1.8mm membuat nyaman saat mengetik dan jarak antar keycapsnya yakni 0,25 mm agar meminimalisir salah ketik (typo) saat bermain game. Tidak lupa juga adanya backlit RGB satu zona warna, tiga level kecerahan dengan menekan tombol fn + tombol atas/tombol bawah pun bisa diatur melalui software Armoury Crate dan juga untuk mode backlit bisa diatur dengan fn + tombol kanan/kiri.

Bentuk Keyboard dan Touchpad ASUS TUF Gaming A15 FX506IV
Posisi touchpad-nya sedikit ke kanan dibandingkan space bar, namun untuk tombol klik kanan dan klik kirinya dibuat terpisah dan telah support windows precision driver seperti three-finger gesture.

Tak lupa juga bagaian bawah pada laptop asus yang satu ini, dengan pola honeycomb di alas laptop ini dapat menambah daya cengkram pada permukaan agar tidak mudah jatoh saat bermain game ataupun tertarik kabel charger. Adanya guratan di sekitar area palm rest terlihat ramping dan bersih.

Pola Honeycomb
Kalau dilihat dari nama TUF, jadi teringat kata tough (keras/tangguh) yang harus siap berada di medan perang. Kabar baiknya yaitu sesuai dengan namanya yakni TUF, laptop ini dapat menyanggupi pengujian standar MIL-STD-810H (Military Grade Durability) dimana perangkat ini harus melewati beberapa rangkaian pengujian seperti uji jatuh, guncangan, kelembapan dan temperatur ekstrem untuk memastikan ketangkasannya dan harus lolos semua dalam ujian tersebut.

Karena laptop ini akan dan pasti digunakan untuk hal-hal yang berat seperti bermain game ataupun sambil live streaming bagi para streamer atau content creator disana, Asus menyisipkan serangkaian heatpipe dan tiga buah heatsink yang bertugas untuk membuang hawa panas pada laptop dan melepaskannya secara cepat agar performa selalu optimal dalam bermain game. 

Jeroan ASUS TUF Gaming A15 FX506IV
Menariknya lagi, adanya fitur self-cleaning yang memastikan bahwa laptop tetap mampu digunakan dalam jangka panjang dan ada beberapa mode operasi yang dapat mengimbangi tingkat kebisingan tergantung tugas apa yang sedang dilakukan pengguna terhadap laptopnya. 

Bagian Belakang ASUS TUF Gaming A15 FX506IV

Lalu dengan adanya dua buah anti-dust tunnel yang terdapat pada ujung kipas akan menangkap debu dan partikel yang masuk dan akan mengeluarkannya langsung dari chassis. Dengan segala fitur yang ada pada kipas ini dapat meningkatkan stabilitas sistem secara keseluruhan dan mampu mencegah penumpukan kotoran yang dapat menurunkan performa pada laptop ini.

Konektivitas Lengkap

Laptop TUF Gaming ini memiliki konektivitas yang lengkap dan sangat mencukupi untuk menyambungkan periferal gaming seperti mouse ataupun headset. Di sisi sebelah kiri terdapat DC in untuk men-charger laptop, Gigabit ethernet untuk menyambungkan internet melalui kabel LAN, HDMI untuk memproyeksi layar ataupun menambah monitor jika dibutuhkan, 2 buah USB 3.2 Gen 1 yang dapat bisa menjadi wadah khusus hdd eksternal karena kecepatannya yang tinggi, USB 3.2 Gen 2 type C mendukung display out 1.4 dan audio combo 3.1 mm audio jack. Untuk sebelah kanan hanya ada USB 2.0 yang cocok untuk wireless or wired mouse. Lalu untuk konektivitas nirkabel terdapat WI-FI 5 dan juga Bluetooth 5.0.
Konektivitas port sebelah kiri

Konektivitas port sebelah kanan
Untuk pengalaman game yang lebih lagi, di dalam laptop TUF Gaming ini ada dua speaker di sisi samping dan disediakan software DTS X Ultra untuk mengatur audio profile dan yang membuat speaker ini terasa enak adalah karena software DTS X nya selalu aktif.

Armoury Crate, Asistennya Para Gamer

Armoury Crate
Armoury Crate merupakan software dimana bisa dibilang sebagai asistennya para gamer karena bisa mengatur profile performa dan juga dapat men-display-kan kinerja laptop. Ada banyak pilihan profile yang ditawarkan pada aplikasi tersebut yakni windows, silent, performance dan turbo. Dalam mode turbo ini, menawarkan performa tertinggi tanpa hambatan, bahkan dalam mode ini pun GPU di-overclock secara otomatis. 

Dalam aplikasi tersebut juga dapat memperlihatkan kinerja laptop seperti penggunaan cpu, kecepatan kipas, penggunaan ram dan storage, penggunaan gpu, bahkan bisa mengetahui laptop ini lebih condong kemana seperti gambar diatas dimana noise reduction lebih unggul karena menggunakan mode silent.

SPESIFIKASI LENGKAP ASUS TUF GAMING A15 FX506IV


UJI PERFORMA

Cinebench R20

Score CPU sebesar 4290 dan CPU (Single Core) sebesar 474

Geekbench 5.0.4

Score Single Core sebesar 1155 dan Multi-Core sebesar 5884

PCMark 10

Score pada Pcmark10 sebesar 5.259

3D Mark Time Spy

Score GPU sebesar 6.119

3D Mark Fire Strike

Score GPU sebesar 14.756

Game Populer

Di uji dengan tiga mode yakni mode silent, performance dan turbo.

Baterai

Laptop ini mengusung baterai sebesar 48Wh yang juga tersedia di pasaran Indonesia. Menariknya dalam pengujian yang dilakukan menggunakan PCMark 10 Battery bisa mendapatkan waktu 5 jam 36 menit untuk Modern Office dan dalam pengujian video playback (1080p) mampu bertahan selama 7 jam 40 menit. Dimana ini terbilang cukup lama untuk laptop gaming.


Score Batterai dengan waktu 5 jam 36 menit

Adanya fitur battery health charging di software my asus yang dapat memperpanjang umur baterai dengan tiga mode yakni full capacity mode dengan pengisian charger hingga 100%, balanced mode dengan pengisian charger hingga 80% dan maximum lifespan mode dengan pengisian charger hingga 60%. Jika menggunakan Maximum Lifespan Mode maka baterai dapat memiliki umur yang lebih panjang.

Battery Health Charging pada My Asus


Garansi dan Tempat Pembelian Produk Asus

Untuk kalian yang ingin membeli laptop Asus TUF Gaming A15 FX506IV dibanderol dengan harga resmi Rp 20.299.000 dengan bonus TUF Gaming Backpack dan terdapat garansi selama dua tahun dengan tambahan perlindungan Asus Perfect Warranty. Maksudnya adalah Asus akan meng-cover semua kerusakan yang dilakukan oleh pengguna secara sengaja  (human eror) seperti jatuh, ketumpahan air, terinjak, layar pecah dan kecelakaan lain sebagainya. Asus hanya meng-cover sebesar 80% biaya sparepart yang harus diganti termasuk baterai dan charger (tetapi tidak untuk aksesorisnya). Layanan ini dapat dilakukan di tahun pertama dalam satu kali. Asus Perfect Warranty ini hanya berlaku jika pembelian laptop secara resmi oleh Asus.
Asus Perfect Warranty
Bagi kalian yang akan meminang laptop Asus TUF Gaming A15 FX506IV ini, kalian dapat melalukan pembelian secara resmi pada bagian ini. Di sana terdapat puluhan Asus Store Resmi di berbagai kota dari sabang hingga merauke dan terjamin akan keresmian barang serta keoriginalitasnya. Atau kalian bisa klik salah satu toko resminya pada bagian ini.

Kesimpulan

Laptop ini sangatlah cocok untuk kalian yang pastinya para gamers dan juga masuk untuk kategori para content creator karena mereka sangat membutuhkan laptop dengan performa tinggi karena menggunakan AMD Ryzen™ 4000 H-Series yang dikhususkan untuk bermain game serta mobilitas yang baik karena processor yang digunakan menggunakan teknologi 7nm yang hemat daya serta dengan body militiary-grade akan merasa aman jika dibawa kemanapun.

0 Response to "ASUS TUF Gaming A15 FX506IV: Laptop Gaming Ryzen™ 4000 ft Nvidia RTX! Racikan Murah nan Powerful!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel