Hal yang Sunnah dilakukan sebelum Sholat Idul Adha - ripiukuyy.com

Pastinya sebagian besar orang islam di dunia sangatlah senang dengan kedatangan hari besarnya, salah satunya yaitu Hari Raya Idul Adha. Idul Adha sendiri ialah hari yang memperingati peristiwa dimana Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan anak laki-lakinya untuk Allah SWT untuk disembelih. Namun ketika hendak disembelih, digantikan oleh Allah dengan domba. Pada hari raya Idul Adha, umat islam akan berkumpul di pagi hari dan melaksanakan sholat 'id berjamaah (bersama) di lapangan atau di masjid. Setelah selesai sholat akan ada penyembelihan hewan kurban.

Anak kecil yang sholat di masjid bersama orang tua

Namun, terdapat  beberapa amalan-amalan sunnah yang dilakukan oleh umat islam sebelum sholat Idul Adha. Yaitu ada tiga hal sunnah yang dilakukan sebelum sholat Idul Adha, diantaranya sebagai berikut :
  • Mandi


    Sebelum menunaikan sholat Idul Adha di masjid ataupun di lapangan, lebih baiknya anda membersihkan diri dengan cara mandi dengan bersih sebersih mungkin dan juga sekaligus bersuci. Rasulullah SAW dan para sahabatnya pun selalu membersihkan diri sebelum sholat Idul Fitri dan sholat Idul Adha. Karena ibadah sholat Idul Adha ini adalah ibadah yang dilakukan berjamaah oleh seluruh umat islam, disunnahkan sebelum sholat Idul adha melakukan mandi. Alasan logikanya ialah agar mendapatkan ketenangan dalam melakukan ibadah, dan enak dilihat kesesama umat islam dalam melaukan ibadah, serta tidak mengganggu orang di sekitar anda. Dan Kesunnahan mandi sebelum sholat hari raya diperkuat melalui atsar dari Sayyidina 'Ali bin Abu Thalib dan Abdullah bin Umar yang selalu membiasakan diri mandi sebelum sholat 'id.

  • Wewangian, Potong Kuku dan Rambut


    Disunnahkannya sebelum sholat Idul Adha memotong rambut dan kuku, menghilangkan bau badan, serta menggunakan wewangian. Usahakan dalam saat hendak sholat tubuh dalam konddisi yang sehat, wangi dan segar agar tidak mengganggu orang lain dalam kefokusan ibadah. Terdapat sebuah hadits dari riwayat Ali bin Abu Thalib menyebutkan bahwa Rasulullah menyuruh untuk menggunakan wewangian yang paling bagus yang kita miliki pada hari raya.
  • Tidak Makan


    Berbeda dengan Idul fitri yang disunnahkan makan sebelum sholat 'id. Dalam Hari raya Idul Adha ini sangat berbeda, disunnahkan tidak makan sebelum sholat 'id, dikarenakan agar bisa makan daging bersama-sama setelah mendapatkan/memberi daging setelah sholat 'id.

    Tiga hal tadi yang disunnahkan sebelum sholat Idul Adha, semoga informasi yang saya diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua, semoga yang kurban selalu dilindungi oleh Allah. semoga daging kurban yang diberikan tepat sasaran, dan semoga iman kita semakin bertambah dan selalu ingat kepada Allah SWT. Dan yang terakhir, semoga kita bisa mengamalkan kesunnahan ini. Terima Kasih.

0 Response to "Hal yang Sunnah dilakukan sebelum Sholat Idul Adha - ripiukuyy.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel